Pukul 16.00 hari ini, 03/04/2023, Presiden Joko Widodo direncanakan akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru pada Senin (3/4) ini. Ia menggantikan Zainudin Amali yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Siapakah sosok ini?

Dito Ariotedjo, atau yang lebih dikenal sebagai Ario Bimo Nandito Ariotedjo, merupakan seorang aktivis sosial dan politikus Indonesia yang berasal dari Partai Golongan Karya. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang riwayat hidup, karier profesional, organisasi, serta aktivitas dan kiprah Dito Ariotedjo.

Latar Belakang dan Pendidikan

Dito Ariotedjo dilahirkan pada tanggal 25 September 1990 dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Ia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya adalah Direktur Utama PT Aneka Tambang sejak 2017 hingga diberhentikan pada 2019. Dua kakak Dito yaitu Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo.

Dito menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita 2 Jakarta, kemudian melanjutkan ke SMP Al-Izhar Jakarta. Setelah itu, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 6 Jakarta dan lalu menamatkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Karier Profesional dan Wirausaha

Dito Ariotedjo memiliki berbagai jenis usaha yang dirintis, mulai dari usaha bidang energi, pertahanan, coworking space, dan start-up yang tergabung dalam sebuah induk perusahaan bernama Grupara Ventures. Selain itu, ia juga menjadi Komisaris Utama di sejumlah perusahaan, yaitu PT. Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

Pada akhir tahun 2021, Dito bersama Raffi Ahmad, dan juga CEO Prestige Motor, Rudy Salim berkolaborasi membentuk dan membesarkan Rans Sport. Dito kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC.

Pada April 2022, Dito dipercaya untuk masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Dito merupakan anggota tim ahli yang termuda dari 7 anggota lainnya.

Organisasi

Semasa kuliah, Dito Ariotedjo aktif dalam berbagai organisasi, antara lain Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia serta Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Selain itu, Dito juga aktif malang melintang sebagai Sekretaris Jenderal GPMP (Gerakan Pelajar dan Mahasiswa Pembaharuan). Dito juga aktif berkarya pada bidang olahraga sebagai Ketua Umum Pengurus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta.

Tahun 2017 hingga 2022, Dito sempat menjabat sebagai Ketua Umum pada salah satu organisasi kepemudaan ternama yaitu AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia). Kepiawaian, pengalaman, serta inovasinya dalam berorganisasi mengantarkan dirinya dipercaya untuk menjadi Ketua DPP Partai Golongan Karya Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Hal ini turut menjadikannya sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah partai berlambang pohon beringin tersebut. Saat ini, Dito Ariotedjo juga dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Selain aktif di AMPI, Dito juga aktif di HIPMI Jaya (Jakarta Raya) sejak tahun 2010, dan menjabat sebagai ketua pada tahun 2016. Saat ini Dito Ariotedjo menjabat sebagai Dewan Kehormatan HIPMI Jaya. Selain itu, dirinya juga terlibat sebagai Ketua PPK Kosgoro 1957 dan Anggota Dewan Penasehat PP Perbasi.

Aktivitas dan Kiprah

Dalam membangun ruang kreatif untuk para pemuda, Dito Ariotedjo bersama-sama dengan para pemuda yang tergabung dalam AMPI membangun Open Lab yang diresmikan pada Desember 2017 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Open Lab mulai diinisiasi dan diterapkan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Perhatiannya pada pengembangan pemuda sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan upayanya bersama AMPI menghimpun aspirasi dan kekuatan pemuda dari seluruh Indonesia dalam temu kader nasional bertemakan Pembaharuan Indonesia untuk Indonesia Maju yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pada 2018, kontribusi dan kiprahnya pada dunia pemuda dan olahraga membuatnya dipercaya oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olimpiade Indonesia untuk menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Pada 2019, Dito Ariotedjo juga pernah menjadi Juru Bicara untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Dito Ariotedjo merupakan sosok yang sangat aktif di berbagai bidang, mulai dari dunia usaha, organisasi, hingga kegiatan sosial dan politik. Dengan pengalaman dan kemampuannya yang luar biasa dalam berorganisasi, Dito Ariotedjo berhasil menduduki posisi-posisi penting di berbagai perusahaan dan organisasi, termasuk sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah partai berlambang pohon beringin, Partai Golongan Karya.

Dalam aktivitasnya, Dito Ariotedjo sangat memperhatikan pengembangan pemuda dan olahraga di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya, seperti pembangunan Open Lab dan keikutsertaannya sebagai CdM pada perhelatan Youth Olympic Games 2018.

Dengan kiprah dan kontribusinya yang besar dalam berbagai bidang, Dito Ariotedjo diharapkan dapat terus menginspirasi dan memotivasi generasi muda Indonesia untuk lebih aktif dan berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *