Friday, September 24, 2021
Home UMKM Festival Kuliner #PejuangLokal Blibli Pecahkan Rekor MURI

Festival Kuliner #PejuangLokal Blibli Pecahkan Rekor MURI

Jakarta, 2 September 2021Festival Jajanan Lokal Blibli pada rangkaian perayaan kemerdekaan bertajuk #PejuangLokal memecahkan rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM Terbanyak, yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor ini berhasil dipecahkan Blibli dengan melibatkan 3.190 seller UMKM dan menyediakan lebih dari 57.000 produk kuliner termasuk jajanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli mengatakan, “Penghargaan MURI ini kami persembahkan bagi seluruh pelaku dan pegiat UMKM yang telah menjadi #PejuangLokal. Mereka adalah pejuang ekonomi nasional di era industri 4.0 yang telah gigih mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital agar tetap produktif meskipun banyak keterbatasan yang ditetapkan di saat pandemi.”

Berdasarkan data riset Blibli bersama Litbang Kompas dan Boston Consulting Group (BCG) tentang perkembangan UMKM di Indonesia, pelaku UMKM yang sudah go online bisa menghasilkan pendapatan 1,1 kali lebih tinggi dan meningkatkan potensi sebesar 2,1 kali lipat untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia, dibandingkan yang UMKM offline.

Festival Jajanan Lokal yang digelar Blibli pun memungkinkan pelanggan untuk mengakses beragam kuliner nusantara sekaligus menumbuhkan kebanggaan terhadap produk Indonesia. Dengan cara ini, Blibli mengajak semua untuk jadi #PejuangLokal kuliner, “Dengan seruan ayo angkat handphone-mu untuk belanja produk lokal dari aplikasi e-commerce yang ada di smartphone, pelanggan bisa dukung kuliner lokal dari rumah,” ujar Andreas.

“Kami mengapresiasi langkah Blibli untuk terus mempromosikan dan memberikan kesempatan bagi banyak pelaku UMKM kuliner untuk memperluas jangkauan pasar. Untuk itu, pencapaian Blibli lewat Festival Kuliner #PejuangLokal, MURI pun mencatat bahwa kegiatan ini layak menerima rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM terbanyak,” tambah Osmar Semesta Susilo MIB, Wakil Direktur Utama MURI.

Dalam program Festival Jajanan Lokal ini, Blibli juga berkolaborasi dengan Tirta Lie, food blogger kuliner Indonesia, untuk menghadirkan kurasi 130 menu jajanan lokal. Pada festival kuliner daring ini tidak hanya menyajikan kuliner lokal dalam bentuk menu restoran, tapi juga termasuk camilan, kue basah, frozen food, hingga aneka minuman.

Ragam kuliner ini berhasil mendorong minat masyarakat sebagai #PejuangLokal untuk menikmati sekaligus mendukung transaksi produk kuliner lokal di Blibli. Ditegaskan oleh data yang tercatat bahwa, Festival Jajanan Lokal berhasil menggaet lebih dari 3.000 seller UMKM, terbanyak dari semua festival sebelumnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga menambah deretan festival kuliner daring yang pernah diselenggarakan Blibli sebelumnya, seperti Festival Mie Online, Festival Nasi Online, Festival Kuliner Imlek, dan berbagai festival lainnya.

“Harapannya, pencapaian rekor MURI bisa menjadi semangat dan motivasi bagi Blibli untuk menjadi mitra strategis dengan stakeholder terkait UMKM Indonesia goes digital agar usahanya berkembang di platform kami menggunakan ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang pada akhirnya memutar roda ekonomi nasional,” tutup Andreas.

Festival Kuliner ini yang menjadi salah satu rangkaian Festival #PejuangLokal ini diselenggarakan pada 11-20 Agustus 2021, di platform e-commerce Blibli. Selain produk kuliner, juga terdapat UMKM yang menjual produk lokal lainnya, seperti fesyen, perabotan rumah tangga, hingga elektronik. Rangkaian kegiatan ini merupakan komitmen Blibli untuk mendukung pertumbuhan produk lokal secara berkelanjutan, #KarenaLokalNo1.

RELATED ARTICLES

Nikmati keseruan setiap hari dengan Nokia G10

JAKARTA, INDONESIA, 13 September 2021 –  <https://www.hmdglobal.com/> HMD Global, the home of Nokia phones,  memperkenalkan  <https://www.nokia.com/phones/id_id/nokia-g-10> Nokia G10 – smartphone terbaru dengan...

Bahtsul Masail Memperbolehkan Perdagangan Aset Kripto Secara Islam, Ini Tanggapan CEO Indodax

JAKARTA, 11 SEPTEMBER 2021-- Indodax, startup bitcoin and crypto exchanges sepakat dengan hasil rekomendasi dari Bahtsul Masail, suatu forum kajian islam yang...

Batman Hadirkan September Ceria bagi Seluruh Keluarga

JAKARTA, 10 September 2021 - Perjuangan menegakkan keadilan berlangsung diseluruh dunia sebagai penghormatan atas warisan abadi dari sang Super Heropada Hari Batman...

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Kemenkop siap bantu perluas pasar produk rotan Cirebon

Pasar untuk industri olahan rotan memang luar biasa, nanti kita bisa hubungkan dengan ekosistem yang saat ini sudah kita bangun melalui Smesco (lembaga di...

Garuda fasilitasi repatriasi kura-kura leher ular dari Singapura

Melalui penerbangan repatriasi kali ini, kami tentunya berharap bahwa usaha bersama yang dilakukan ini dapat mendorong tercapainya tujuan fundamental dari langkah penting membawa kembali...

Delegasi Indonesia Terlibat Diseminasi Final Communique di Y20 Italia 2021

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia mengirimkan delegasi ke...

Kominfo siapkan rute jaringan dan cadangan untuk PON Papua

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021."Salah satu...

Recent Comments