Garuda Indonesia Raih Pinjaman Rp 1 Triliun dari Eximbank

0
172
garuda indonesia
Pesawat milik maskapai Garuda Indonesia

JAKARTA, investor.id –  PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) meraih fasilitas pinjaman modal kerja ekspor senilai Rp 1 triliun dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank dengan tenor satu tahun.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Fuad Rizal menjelaskan, fasilitas kredit tersebut didapatkan atas penugasan khusus ekspor (PKE) dari Menteri Keuangan untuk mendorong industri penerbangan nasional.

“Pinjaman tersebut dapat mendukung aktivitas ekspor jasa perseroan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Fuad dalam keterangan resmi perseroan, Jumat (9/10). Direktur Keuangan Garuda Indonesia.

Adapun sebelumnya, perseroan meluncurkan penerbangan khusus kargo, yang kali ini menerbangi rute penerbangan Makassar – Singapura sebagai bagian dari dukungan perusahaan terhadap pengembangan aksesibilitas jaringan penerbangan kargo bagi komoditas ekspor unggulan di kawasan timur Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, pengembangan jaringan penerbangan kargo dari hub penerbangan di Indonesia Timur, diharapkan dapat semakin memperkuat daya saing potensi komoditas ekspor nasional di kawasan timur Indonesia.

Khususnya aksesibilitas jalur penerbangan kargo langsung menuju Singapura sebagai salah satu negara pengimpor komoditas nasional terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Tentunya dengan optimalisasi jaringan penerbangan ini, kegiatan direct export dari kawasan timur Indonesia dapat semakin kompetitif dan menjanjikan di masa yang akan datang,” jelas Irfan.

Menurut Irfan, Makassar sebagai hub penerbangan di kawasan timur Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai titik kumpul jaringan pengiriman komoditas kargo di Indonesia Timur. Hal tersebut karena hub Makassar terhubung dengan penerbangan langsung ke sejumlah wilayah penghasil komoditas unggulan ekspor nasional seperti Ambon, Kendari, Sorong hingga Manado.

Penerbangan khusus kargo rute Makassar – Singapura ini telah beroperasi pada Senin (5/10) yang akan dilayani sebanyak 1 kali per minggu dengan armada regular Airbus A330-300 dengan daya angkut mencapai 40 ton di setiap penerbangannya. Penerbangan rute Makassar – Singapura ini berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 16.00 WITA dan tiba di Singapura pada pukul 18.40 waktu Singapura.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Artikel ini telah tayang di Investor.id dengan judul “Garuda Indonesia Raih Pinjaman Rp 1 Triliun dari Eximbank”

Read more at: http://brt.st/6PAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here