Tuesday, January 18, 2022
Home otomotif Kawal Lalu Lintas Libur Nataru Korlantas Kerahkan Tim Pamatwil, Ini Tugasnya

Kawal Lalu Lintas Libur Nataru Korlantas Kerahkan Tim Pamatwil, Ini Tugasnya

Ilustrik motor Patwal. Foto: Dok. Istimewa
Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Korlantas Polri menggelar Operasi Lilin dengan mengerahkan tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) ke sejumlah jalur.

“Nataru tahun ini operasi lilin akan dimulai tanggal 24 Desember, tapi kita mengawali kegiatan rutin yang ditingkatkan. Hari ini kita berangkatkan pamatwill dari Korlantas,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan melalui keterangan resmi.

Tugas dari Pamatwil sendiri kata Brigjen Aan, untuk memberikan asistensi, kemudian untuk supervisi dan menjadi wasit pada saat pelaksanaan kegiatan Nataru.

Sebanyak 40 unit diterjunkan dengan dibagi jalur Barat yaitu Jakarta Merak sampai Sumatera. Kemudian jalur Cikampek sampai dengan Semarang Solo, Cipularang kemudian jalur Selatan sampai ke Jogjakarta.

Ilustrasi apel Korlantas Polri. Foto: Dok. Istimewa

“Sesuai dengan keputusan pemerintah untuk kegiatan Nataru tahun ini tidak ada ganjil genap dan pembatasan. Yang ada hanya memperketat protokol kesehatan. Ini untuk mencegah penularan daripada Covid-19,” sambung Aan.

Korlantas Polri juga telah menyiapkan skema lalu lintas apabila masyarakat masih ada yang terpaksa harus pulang kampung. Selain itu, Korlantas Polri telah menyiapkan skema lalu lintas untuk memperlancar kegiatan masyarakat tersebut, mulai dari yang normal hingga antisipasi terjadinya hambatan.

“Jika ada hambatan kita akan berlakukan contra flow kemudian jika terjadi kemacetan yang panjang kita akan melakukan skema one way. Selain itu kita sudah mengerahkan ETLE mobile, ini untuk mengawasi perilaku para pengendara di jalan,” jelas Aan.

Aan juga mengimbau kepada para calon pemudik yang menggunakan kendaraan agar tetap memperhatikan peraturan dan rambu lalin yang berlaku.

Pemerintah tidak menerapkan penyekatan selama libur Nataru

Dirjen perhubungan darat Budi Setiyadi. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Sebelumnya, pemerintah memastikan tidak ada penyekatan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati saat siaran pers Pengendalian Transportasi Saat Natal dan Tahun Baru, Senin (20/12).

“Dalam pengaturan dan pengendalian transportasi pada Nataru kali ini, perlu kami tegaskan tidak ada penyekatan, yang ada pengetatan protokol kesehatan di semua sarana dan prasarana transportasi,” ujar Adita.

Dilakukannya pengetatan kali ini dikarenakan kecenderungan pergerakan masyarakat setiap libur Nataru menggunakan alat transportasi untuk berbagai keperluan, seperti wisata, silaturahmi, liburan, dan sebagainya.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati. Foto: Kemenhub RI

“Meskipun PPKM level 3 telah ditiadakan, dan dikembalikan kepada asesmen seperti yang ada sekarang masyarakat masih akan cenderung melakukan perjalanan sebanyak 7 persen atau sejumlah 11 juta orang di seluruh Indonesia,” sambung Adita.

Untuk itu, Kemenhub telah menerbitkan surat edaran terkait dengan pengendalian transportasi dan petunjuk pelaksanaan perjalanan penumpang dalam negeri di semua moda transportasi untuk mencegah penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19 usai libur Nataru.

Aturan perjalanan darat selama libur nataru

Kendati tak ada penyekatan selama libur nataru, pemerintah tetap memberlakukan sejumlah aturan perjalanan bagi masyarakat yang hendak bepergian dengan mobil dan motor pribadi. berikut lengkapnya.

Ketentuan umum di semua moda transportasi yang akan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, sebagai berikut:

  • Wajib vaksin lengkap (dua dosis)

  • Wajib Tes Antigen 1×24 jam dengan hasil negatif

  • Menggunakan aplikasi PeduliLindungi

  • Bagi usia dewasa (di atas 17 tahun) yang tidak vaksin lengkap, karena alasan medis maupun belum mendapatkan dosis lengkap, mobilitasnya dibatasi.

  • Bagi usia di bawah 12 tahun, wajib tes PT-PCR 3×24 jam dengan hasil negatif

Petugas gabungan memeriksa sertifikat vaksin pengendara mobil saat penyekatan di Jalur Trans Kalimantan Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (15/8/2021). Foto: Makna Zaezar/ANTARA FOTO

Ketentuan dikecualikan bagi:

  • Perjalanan darat di kawasan aglomerasi (kendaraan pribadi, angkutan umum, dan kereta api).

  • Perjalanan menggunakan moda transportasi perintis di wilayah tertinggal, perbatasan (3TP).

“Kami juga meminta kepada setiap operator prasarana maupun sarana untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan, baik itu di prasarana maupun saran transportasi dengan selalu menerapkan pengawasan yang tegas namun humanis untuk mengingatkan masyarakat,” tutup Adita.

https://kumparan.com/kumparanoto/kawal-lalu-lintas-libur-nataru-korlantas-kerahkan-tim-pamatwil-ini-tugasnya-1xAgNmGg2O5

RELATED ARTICLES

Per Selasa 120.621.088 warga sudah divaksin COVID-19 lengkap

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan RI melaporkan 120.621.088 warga Indonesia telah mendapatkan dosis vaksin COVID-19 secara lengkap hingga Selasa.Siaran pers Kemenkes yang diterima ANTARA...

Triwulan I-2022, Bank Neo Commerce Tambah Layanan RDN, Digital Lending, QRIS

TEMPO.CO, Jakarta -Bank Neo Commerce (BNC) mulai...

Jamkrindo raih penghargaan sebagai Penjamin KUR Terbaik 1

Jakarta (ANTARA) - PT Jamkrindo mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik 1 tahun 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di...

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Per Selasa 120.621.088 warga sudah divaksin COVID-19 lengkap

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan RI melaporkan 120.621.088 warga Indonesia telah mendapatkan dosis vaksin COVID-19 secara lengkap hingga Selasa.Siaran pers Kemenkes yang diterima ANTARA...

Triwulan I-2022, Bank Neo Commerce Tambah Layanan RDN, Digital Lending, QRIS

TEMPO.CO, Jakarta -Bank Neo Commerce (BNC) mulai...

Jamkrindo raih penghargaan sebagai Penjamin KUR Terbaik 1

Jakarta (ANTARA) - PT Jamkrindo mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik 1 tahun 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di...

Jaksa Ajukan Banding di Kasus Penganiayaan Wartawan Tempo Nurhadi

TEMPO.CO, Jakarta - Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan...

Recent Comments