Wednesday, July 28, 2021
Home PRANALA PUPR Kebut Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Agar Kelar Juli Ini

PUPR Kebut Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Agar Kelar Juli Ini

Jakarta, CNN Indonesia —

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pekerjaan akhir pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang. Targetnya, proyek tol sepanjang 9,3 Kilometer (Km) ini rampung pada Juli ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang merupakan bagian dari 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta yang akan melengkapi struktur jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta- Bogor-Depok- Tanggerang- Bekasi).

“Kehadiran 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota yang baru ini untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Secara keseluruhan ruas tol membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT),” kata Basuki dalam keterangan resminya Kamis (15/7).

Menurut Basuki, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang sendiri akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol JORR Seksi E yang menghubungkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok. Saat ini, progres konstruksi proyek yang dimulai sejak Februari 2017 ini sudah mencapai 98,8 persen.

Sebagai informasi, pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap yakni tahap 1 sepanjang 31,2 Km terdiri dari Seksi A Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 Km, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 Km, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 Km.

Adapun nilai investasi pembangunan tahap 1 sebesar Rp20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO).

[Gambas:Video CNN]

(sfr/agt)




https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210715201742-92-668399/pupr-kebut-tol-kelapa-gading-pulo-gebang-agar-kelar-juli-ini

RELATED ARTICLES

Masih Rahasia, PSSI Ogah Bocorkan Daftar Pemain dan Lokasi TC Timnas

INDOSPORT.COM - PSSI belum merilis jumlah dan nama pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan, meski timnas Indonesia dijadwalkan berlatih 1 Agustus. Federasi menunggu keputusan...

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Masih Rahasia, PSSI Ogah Bocorkan Daftar Pemain dan Lokasi TC Timnas

INDOSPORT.COM - PSSI belum merilis jumlah dan nama pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan, meski timnas Indonesia dijadwalkan berlatih 1 Agustus. Federasi menunggu keputusan...

Recent Comments