Tins Lepas 67% Saham Rumah Sakit Bakti Timah

0
11

Jakarta, 11 Agustus 2020, PT TIMAH Tbk mengumumkan transaksi pelepasan saham PT Rumah Sakit Bakti Timah (“RSBT”) sebanyak 67% kepada PT Pertamina Bina Medika IHC (“Pertamedika IHC”) selaku Holding Rumah Sakit BUMN pada 7 Agustus 2020 di Jakarta.

RSBT sendiri merupakan anak perusahaan TINS yang didirikan pada 18 Desember 2014 serta bergerak di industri layanan kesehatan di Kepulauan Bangka Belitung. Sebelum berstatus perseroan terbatas pada 2014, RSBT sejatinya sudah melayani masyarakat selama beberapa dekade seiring dengan perjalanan TINS di industri pertimahan.

“Transaksi akuisisi yang bernilai IDR 148,73 miliar ini memang sudah disiapkan sejak beberapa waktu lalu seiring dengan terbentuknya Holding Rumah Sakit BUMN,” ujar Abdullah Umar selaku Sekretaris Perusahaan TINS. Pada fase pertama, Pertamedika IHC akan mengambil bagian 8,51 juta unit saham RSBT yang akan ditukar (switching) dengan 518,89 ribu unit saham atau setara 1,78% saham Holding Rumah Sakit tersebut kepada TINS. Baru pada fase berikutnya Pertamedika IHC menerapkan mekanisme pembelian sebesar 6,30 juta unit saham untuk menggenapi akuisisi 14,81 juta unit saham atau setara 67% kepemilikan TINS di RSBT.

Kilas balik pada 2016 Menteri BUMN telah menyetujui Pertamedika IHC sebagai Holding Rumah Sakit BUMN. Pembentukan tahap awal Rumah Sakit BUMN disepakati melalui penyertaan oleh Pertamedika IHC kepada Rumah Sakit Pelni. Tahap berikutnya Pertamedika IHC akan mengambil alih saham 7 (tujuh) rumah sakit milik BUMN, diantaranya adalah Pelindo Husada Citra, Krakatau Medika, Rumah Sakit Pelabuhan, Rumah Sakit Bakti Timah, Nusantara Medika Utama, Nusantara Sebelas Medika, dan Rolas Nusantara Medika.

Dengan pelaksanaan fase akuisisi 7 (tujuh) rumah sakit milik BUMN tersebut, maka Pertamedika IHC akan memiliki 35 rumah sakit yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Grup Pertamedika IHC diharapkan dapat menangkap peluang industri layanan kesehatan Indonesia dan mencapai ketahanan sektor kesehatan nasional melalui 4 objektif strategis sebagai berikut:
Penyediaan layanan kesehatan berkualitas
Peningkatan jaminan dan skala

Pengembangan kapabilitas dan inovasi
Integrasi dan sinergi ekosistem sektor kesehatan nasional

“Kami optimis bahwa dengan sinergi rumah sakit yang tengah diupayakan, RSBT akan menjadi salah satu rumah sakit yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Bangka Belitung,” pungkas Abdullah Umar.

PT TIMAH Tbk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here