Monday, September 20, 2021
Home PRANALA Yuk, Rayakan Kemerdekaan RI #DiRumahAja dengan 7 Aktivitas Seru Ini

Yuk, Rayakan Kemerdekaan RI #DiRumahAja dengan 7 Aktivitas Seru Ini

Ilustrasi menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia dengan penuh semangat. Foto: Gratsias Adhi Hermawan
Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia akan segera tiba. Puncak HUT RI atau 17-an biasanya dirayakan oleh masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air dengan penuh kemeriahan, mulai dari upacara bendera, karnaval, hingga perlombaan seru.
Namun sayangnya, pandemi Covid-19 membuat perayaan HUT RI menjadi berbeda. Masyarakat harus membatasi aktivitas di luar rumah guna mengurangi kerumunan, sehingga harus merayakan Kemerdekaan #DiRumahAja.
Meski begitu, jangan biarkan pandemi Covid-19 memadamkan semangat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kamu tetap bisa, kok, merayakan 17-an dengan beragam kegiatan seru bersama keluarga, meskipun hanya #DiRumahAja.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, menyampaikan bahwa menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi juga sebagai bentuk dari perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-76. Terlebih saat ini virus corona varian delta lebih cepat menyerang, sehingga masyarakat diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan secara disiplin meski sudah divaksin.

“Alhamdulillah, kita semakin mendekati ujung dari PPKM level 4 ini, mari kita terus disiplin terapkan protokol kesehatan walaupun sudah divaksin guys, tetap hati-hati dan jangan sampai lengah. Sebab, varian ini menyebarnya lebih cepat. Jadi kita harus lebih ketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Sandiaga, dalam siaran pers Pesan Menparekraf dalam Program Vaksin untuk Indonesia Spesial Hari Kemerdekaan.

Berikut 7 aktivitas seru yang bisa dilakukan #DiRumahAja untuk merayakan Kemerdekaan RI.

1. Fashionable dengan Masker Khas Indonesia

Pekerja memproduksi masker kain. Foto: Antara

Masker menjadi satu hal penting yang wajib dikenakan di tengah pandemi saat ini. Meskipun #DiRumahAja, masyarakat tetap tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan seperti memakai masker.

Untuk menambah nuansa kemerdekaan, kamu dapat memakai masker kain bernuansa Nusantara. Terlebih, Indonesia memiliki beragam kain khas atau wastra Nusantara yang menarik.
Sejak pandemi, banyak pelaku ekonomi kreatif yang menghadirkan masker stylish dengan sentuhan kain tradisional khas Nusantara. Dengan kemajuan teknologi, kini pelaku usaha ekonomi kreatif dapat memasarkan karyanya secara daring. Sehingga, kini masyarakat dapat #BeliKreatifLokal secara mudah walaupun #DiRumahAja.

Mithlabs dan Mahestri menjadi salah satu UMKM lokal yang menawarkan aneka masker dengan motif khas Nusantara. Mithlabs menghadirkan ragam masker dengan aneka motif kain batik earloop tiga lapis. Kain batik yang ditawarkan memiliki motif yang manis dengan sentuhan warna yang sederhana, namun cantik. Masker kain ini dijual mulai Rp 10 ribu.

Sementara itu, Mahentri menonjolkan koleksi masker dengan aneka motif, seperti batik garutan, kontemporer, hingga tenun lurik Jogja. Untuk kain Batik, Mahestri memakai Kain Masker Batik Wonogiren khas Wonogiri. Masker kain ini dijual mulai Rp 75 ribu.

Seorang anak mengikuti perlombaan makan kerupuk dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Sejumlah lomba seperti balap karung hingga makan kerupuk ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, lomba-lomba ini tetap bisa dirayakan meskipun #DiRumahAja, lho.

Lomba-lomba tingkat RT itu bisa dibuat di rumah dan dilakukan bersama keluarga. Tak hanya mengisi waktu dengan acara seru, menggelar lomba 17 Agustus di rumah juga sebagai momen untuk menghayati makna kemerdekaan, melatih kekompakan, dan mempererat kebersamaan.

Kamu bisa menggelar lomba makan kerupuk di halaman rumah. Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kerupuk dan menggantungnya dengan tali plastik sesuai tinggi peserta.

Kemudian dalam hitungan tiga, peserta lomba diminta makan kerupuk hingga habis, yang paling cepat habis keluar sebagai juaranya.

Selain makan kerupuk, kamu juga bisa mengadakan lomba memasukan pensil ke dalam botol. Bahannya hanya botol, tali plastik, dan pensil.

Ikat pensil dengan tali plastik menjuntai ke bawah di bagian pinggang. Taruh botol di seberang para peserta, dalam hitungan tiga, peserta lari dan memasukkan pensil ke dalam botol tersebut.

Untuk menambah kemeriahan Hari Kemerdekaan #DiRumahAja, kamu juga bisa mengadakan lomba balap karung yang diikuti seluruh anggota keluarga. Permainannya sederhana, peserta akan diminta berlari dengan kaki yang terbungkus karung. Peserta yang sampai lebih dulu di garis finis, dialah pemenangnya.

Jika kamu sulit menemukan karung, kini banyak pelaku usaha UMKM yang menjual karung goni khusus untuk lomba 17 Agustus, yakni Rumah Karung Goni. Karung Goni yang dijual seharga Rp 10 ribu ini dapat dibeli melalui platform daring.

3. Lomba Kostum ala Kemerdekaan

Ilustrasi merayakan 17 Agustus. Foto: Shutter Stock

Kalau kangen sama pawai atau lomba fashion show di momen 17-an bersama di lingkungan tempat tinggal? Ide ini bisa coba dilakukan #DiRumahAja lho!

Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk memakai pakaian khas Nusantara atau ala pahlawan Indonesia untuk menghormati jasa para tokoh yang telah membantu memerdekakan Tanah Air.

Caranya mudah, kamu bisa memakai kopiah dan pakaian putih ala Bung Karno, turban putih panjang ala Tuanku Imam Bonjol, dan baju kebaya ala Ibu Kartini. Jangan khawatir, kini banyak pelaku ekonomi kreatif yang menjual kostum ala pahlawan dan baju adat ini bisa dibeli secara daring selama #DiRumahAja.

Salah satunya UMKM bernama Chal Micha Store,yang menyediakan beragam pakaian adat dan kostum pahlawan khusus anak dengan harga terjangkau. Tersedia pakaian adat Jawa Dodotan, Adat Jawa Surjan, Baju Adat Madura, hingga kostum pejuang veteran Bung Tomo.

Harga yang ditawarkan mulai Rp 110 ribu hingga Rp 220 ribu. Usai berdandan, jangan lupa abadikan momen 17-an #DiRumahAja dengan foto bersama ya.

4. Mencicipi Makanan Khas Indonesia

Ayam taliwang Foto: Fauzan Dwi Anangga/ kumparan

Selain mengadakan perlombaan, Hari Kemerdekaan juga bisa dirayakan dengan menikmati berbagai hidangan khas Nusantara. Jika ingin merayakan Hari Kemerdekaan dengan nuansa yang istimewa, kamu bisa menikmati kuliner seperti ayam taliwang khas Mandalika.

Ayam taliwang merupakan sajian ayam bakar berlumur bumbu pedas nan gurih yang menggoda selera. Tak perlu jauh-jauh ke Nusa Tenggara Barat, Rumah Makan Taliwang Bersaudara merupakan salah satu restoran khas Lombok legendaris di Jakarta yang menyajikan menu ayam taliwang. Kamu bisa memesan Ayam Taliwang Bersaudara melalui jasa pesan daring.

Kemudian ada se’i daging sapi, menu populer di Labuan Bajo. Se’i menjadi salah satu kuliner khas Labuan Bajo yang proses memasaknya tidak menggunakan api langsung, melainkan dengan asap panas.

Biasanya, olahan se’i khas Labuan Bajo dilengkapi dengan daun singkong atau bunga pepaya dan olahan sambal yang menambah nikmat saat disantap. Salah satu restoran yang menyajikan hidangan se’i dengan rasa otentik khas NTT adalah Yudonsei. Restoran ini menyajikan paket se’i daging asap bersama nasi, sayur singkong, dan aneka sambal lokal, seperti balado dan matah.

Bubur tinutuan Foto: Safira/ kumparan

Selanjutnya ada bubur tinutuan khas Likupang. Bubur Tinutuan juga dikenal sebagai bubur Manado. Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur tinutuan dilengkapi dengan berbagai sayuran, seperti kangkung, bayam, kemangi, pipilan jagung, hingga ubi, dan labu kuning.

Selain itu, bubur tinutuan juga dapat dilengkapi dengan toping yang beragam, mulai dari suwiran ikan cakalang, jambal asin kering, dan sambal roa. Salah satu restoran di Jakarta yang menyajikan menu tersebut adalah Rumah Makan Manado Rasaroa. Untuk menikmati hidangan tersebut, kamu bisa #BeliKreatifLokal secara online melalui aplikasi pesan antar kesukaan kamu.

5. Menyanyikan Lagu-lagu Daerah

Ilustrasi orang tua bernyanyi bersama anak sambut 17 Agustus. Foto: Shutter Stock

Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan para pahlawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Banyak dari mereka telah mengorbankan nyawanya agar Indonesia bisa menjadi negara yang merdeka dan tak lagi dijajah bangsa lain.

Sebagai apresiasi terhadap para pahlawan, lagu-lagu perjuangan nasional pun dibuat agar masyarakat selalu mengingat setiap perjuangan para pahlawan. Selain lagu nasional, lagu daerah juga dapat menambah gelora cinta Tanah Air selama merayakan Hari Kemerdekaan. Terlebih lagu daerah asal sang pejuang kemerdekaan.

Nah, untuk membakar jiwa nasionalis, tak ada salahnya menyanyikan lagu-lagu daerah di Hari Kemerdekaan. Lagu-lagu itu bisa dinyanyikan bersama keluarga sambil menikmati Hari kemerdekaan Nasional #DiRumahAja.

Ilustrasi orang tua bernyanyi bersama anak sambut 17 Agustus. Foto: Shutter Stock
Lagu daerah yang bisa kamu nyanyikan yakni, Bungong Jeumpa (Aceh), Sinanggar Tulo (Sumatera Utara), Manuk Dadali (Jawa), Ampar-amar pisang (Kalimantan), Si Patokaan (Sulawesi), Gemu fa mi re (NTT), dan Apuse (Papua). Eits, kamu juga bisa membuat video menyanyikan lagu daerah tersebut dan mengikuti lomba virtual 17-an kompetisi #MelodiKemerdekaan yang sedang berlangsung hingga 20 Agustus 2021.

Caranya mudah kok, kamu cukup meng-upload video menyanyikan lagu daerah pilihanmu sekreatif mungkin dengan durasi maksimal satu menit. Boleh sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesoris lainnya agar makin meriah dan kesempatan menang semakin besar. Menangkan hadiah total jutaan rupiah!

  • 1. Juara 1 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 1.5 juta rupiah

  • 2. Juara 2 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 1 juta rupiah

  • 3. Juara 3 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 700 ribu rupiah

Selain uang tunai, 3 pemenang utama akan mendapat ucapan spesial langsung dari Presiden RI, Bapak Joko Widodo.

Ada juga lho, hadiah hiburan berupa uang tunai 100 ribu rupiah untuk 17 orang pemenang terpilih dan video-video kreasi terbaik akan berkesempatan ditayangkan di media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id.

Jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption video kreasimu serta pastikan akun Instagram-mu tidak di-private dan sudah mem-follow akun Instagram @pesonaid_travel. Satu akun hanya dapat memilih 1 lagu dan mengunggah 1 video kreasi, ya.

6. Menonton Film Bernuansa Pahlawan dan Kemerdekaan

Ilustrasi menonton film di rumah. Foto: Kemenparekraf

Salah satu cara menikmati Hari Kemerdekaan Indonesia ialah nonton film-film bernuansa pahlawan dan kemerdekaan. Acara yang satu ini pasti bisa membuat rasa cinta kepada negeri semakin dalam.

Selain itu, kegiatan nobar film bernuansa kemerdekaan juga dapat menambah wawasan dan rasa cinta Tanah Air, khususnya untuk generasi muda yang menjadi penerus bangsa di masa depan. Film-film karya anak bangsa yang cocok ditonton saat Hari Kemerdekaan, yakni Soekarno: Indonesia Merdeka (Soekarno), Jenderal Soedirman, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Kartini, Merah Putih, Darah Garuda, dan Hati Merdeka.

Ingat, untuk dukung perfilman Indonesia, jangan nonton film di platform bajakan ya! Film-film tersebut sudah tersedia di platform resmi seperti Netflix, Video.com, Iflix, dan Disney+ Hotstar.

7. Dekorasi Rumah Bertema 17-an

Pandemi membuat perayaan 17 Agustus tidak diselenggarakan di lapangan dekat rumah. Tak perlu bingung, yuk buat 4 lomba berikut agar momen Agustusan semakin meriah. Foto: Shutterstock

Meskipun hanya dirayakan bersama keluarga, menghadirkan nuansa kemerdekaan di rumah juga dapat mengembalikan semangat Hari Kemerdekaan, lho. Kamu dan keluarga bisa melakukannya dengan mendekorasi rumah bertema 17-an.

Kamu bisa menghias dinding rumah dengan balon berwarna merah putih yang mencerminkan warna bendera Indonesia. Untuk mengenang karnaval 17 Agustus yang biasa dirayakan saat Hari Kemerdekaan, kamu bisa menghias rumah menggunakan pernak-pernik yang mudah ditemukan, seperti bendera, kain, gelas plastik, bendera plastik, hingga cat warna merah putih.

Dengan dekorasi tersebut suasana Hari Kemerdekaan RI menjadi lebih istimewa. Meski begitu, tetap taati imbauan Pemerintah dengan melakukan segala aktivitas #DiRumahAja, termasuk membeli pernak-pernik dekorasi rumah ala 17 Agustus. Terlebih, saat ini banyak UMKM yang menjual pernak-pernik dekorasi 17-an secara online, lho.

Salah satunya Jakarta Party, yang menjual bendera kain merah putih dalam bentuk segitiga, balon kemerdekaan, pita kemerdekaan, dan wall decor Kemerdekaan. Kamu dapat membelinya #DiRumahAja melalui platform digital e-commerce.

Kain batik tulis Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Selain pernak-pernik 17 Agustus, dekorasi Hari Kemerdekaan juga bisa dilakukan dengan kain Nusantara, seperti batik, tenun, dan songket. Jika tertarik mendekorasi rumah dengan kain batik, kamu bisa dapatkan di UMKM bernama Kain Batik Jogja Solo melalui platform digital.

Selain itu, bagi kamu yang ingin menggunakan kain tenun bisa membelinya di Craftid. UMKM tersebut menyediakan kain tenun khas NTT, Lombok, dan Toraja mulai dari Rp 75 ribu. Kain-kain tersebut dapat dibeli melalui platform e-commerce.

Itulah tujuh kegiatan seru merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia saat #DiRumahAja. Meskipun masih sangat disarankan untuk #DiRumahAja, jika kamu ada hal mendesak diluar rumah tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 6M. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi Covid-19 yang saat ini tengah berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuatmu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar.

Tak hanya itu, buat yang sudah rindu untuk traveling, kamu bisa mengikuti akun Instagram @pesonaid_travel sebagai referensi untuk merencanakan liburan ketika keadaan telah membaik.



https://kumparan.com/kumparantravel/yuk-rayakan-kemerdekaan-ri-dirumahaja-dengan-7-aktivitas-seru-ini-1wIuymhBKtY

RELATED ARTICLES

Layanan TelkomGroup kembali normal setelah perbaikan kabel laut

Manado (ANTARA) - Layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih setelah gangguan pada sistem komunikasi kabel laut...

Mengungkit jejak kejayaan pelabuhan nusantara di Bumi Melayu

Tanjungpinang (ANTARA) - Syahdan, pelabuhan Negeri Riau (sekarang Kepulauan Riau) yang terpusat di kawasan Sungai Carang itu konon pernah menjadi pelabuhan transito yang menghubungkan...

Bupati Bangli buka kembali wisata air terjun Tukad Cepung Bali

Bangli (ANTARA) - Dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat dan keterpurukan akibat pandemi COVID-19, kurang lebih dua tahun lamanya Tukad Cepung ditutup untuk umum, dan...

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Layanan TelkomGroup kembali normal setelah perbaikan kabel laut

Manado (ANTARA) - Layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih setelah gangguan pada sistem komunikasi kabel laut...

Mengungkit jejak kejayaan pelabuhan nusantara di Bumi Melayu

Tanjungpinang (ANTARA) - Syahdan, pelabuhan Negeri Riau (sekarang Kepulauan Riau) yang terpusat di kawasan Sungai Carang itu konon pernah menjadi pelabuhan transito yang menghubungkan...

Bupati Bangli buka kembali wisata air terjun Tukad Cepung Bali

Bangli (ANTARA) - Dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat dan keterpurukan akibat pandemi COVID-19, kurang lebih dua tahun lamanya Tukad Cepung ditutup untuk umum, dan...

Federal Oil Indonesia harap FOGM2 raih lebih banyak poin di Austin

Jakarta (ANTARA) - ExxonMobil Lubricants Indonesia bersama merek pelumas Federal Oil mengapresiasi kinerja dua pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio (Diggia)...

Recent Comments